Perbedaan Mikroprosesor dan Mikrokontroler - Ruang Pendidikan

Perbedaan Mikroprosesor dan Mikrokontroler

Dulu pertama masuk kuliah dan dapat mata kuliah mikroprosessor saya bingun nih perbedaan mikroprosessor dan mikrokontroler. mari kita simak biar kita gak bingung lagi ? 

Mikroprosesor bersifat general purpose (fungsi umum, fleksibel). Sehingga berisikan sepaket chip/chipset yang hanya berfungsi sebagai pengolah data (terdiri dari ALU, PC, SP, register, clock, interrupt, data/address bus) dari memory. Karena tidak memiliki fitur terintegrasi sebagaimana mikrokontroler maka untuk menjadikannya dapat beroperasi kita perlu menambahkan lagi RAM, I/O, dan berbagai device/periferal lain. Implementasi seperti processor Intel dan AMD untuk PC adalah termasuk jenis ini.


Diagram Blok mikorprosessor
Blok Diagram Mikroprosessor
Mikrokontroler bersifat specific purpose (fungsi khusus, terbatas). Sehingga berisikan sepaket chip/chipset lengkap yang terdiri dari fitur-fitur pengolah data yang juga terdapat di dalam mikroprosesor, ditambah RAM, ROM, I/O, dan fitur terintegrasi lain di dalamnya. Implementasinya dapat ditemui pada berbagai macam perangkat rumah tangga, telekomunikasi, otomotif, mesin industri, elektronik, dan perangkat-perangkat lain sebagainya yang memiliki ‘otak’ (embedded system) di dalamnya.

                             
Diagram Blok mikrokontroller
Blok Diagram Mikrokontroler
Sumber : Wikipedia

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel