IC logika dalam Kehidupan Sehai-hari (Kontekstual) - Ruang Pendidikan

IC logika dalam Kehidupan Sehai-hari (Kontekstual)

Dalam kehidupan sehari-hari, sewaktu mengendarai mobil sedan perjalanan akan terasa nyaman. Keadaan jalan yang halus ataupun rusak dan jalan lurus ataupun berbelok tak terasa, baik getarannya maupun goncangannya. Tetapi lain halnya jika mengendarai kendaraan angkutan umum, goncangan akan sangat terasa sepanjang perjalanan, baik itu jalan halus maupun rusak. Mengapa kenyamanan kedua kendaraan tersebut berbeda, padahal berat kedua kendaraan tersebut sama. Perhatikan pada Gambar 5.1. bahan baku kendaran tersebut juga sama-sama terbuat dari besi baja. Hal tersebut dikarenakan teknologi perancangan dan proses pembuatan kedua jenis kendaraan tersebut berbeda. Mobil sedan dibuat sedemikian rupa sehingga sistem dan suspensinya mampu meredam goncangan. Sistem mekaniknya dibuat sedemikian rupa sehingga tetap stabil dalam medan jalan lurus maupun berbelok. Tetapi tidak demikian dengan angkutan umum, angkutan umum dirancang dengan teknologi yang mengutamakan kekuatan fisik dalam mengangkut beban atau muatan berat

Mobil Sedan dan Mobil Angkutan Umum


Gambar 5.1 Mobil Sedan dan Mobil Angkutan Umum

Jadi, teknologi dapat membuat suatu sistem mempunyai nilai lebih atau tambah. Walaupun secara fisik seperti wujud, bentuk, bobot (berat), bahan, ukuran, dan lain-lain, kelihatannya sama tetapi teknologi yang membuatnya berbeda. Perbedaan inilah yang membuatnya unggul.

Demikian juga dengan piranti digital. IC digital secara fisik sama, yaitu berbentuk suatu kemasan terpadu (biasanya persegi panjang) dengan beberapa pin atau kaki. Tetapi IC digital di pasaran tersedia dalam berbagai macam teknologi. Setiap teknologi dikelompokkan menjadi suatu keluarga. 
Sebelum adanya IC, hampir seluruh alat elektronik terbuat dari satuan satuan komponen yang dihubungkan antara satu sama lainnya menggunakan sebuah kawat ataupun sebuah kabel, sehingga tampak kelihatan ukuran besar serta tidak praktis. Perkembangan teknologi elektronika semakin meningkat terus dengan semakin lengkapnya jenis-jenis IC yang disediakan untuk rangkaian linear dan digital, sehingga produk dari peralatan elektronik semakin tahun semakin tampak kecil dan canggih. 

Desain komputer yang kompleks dapat dipermudah, sehingga banyaknya komponen dapat dikurangi dan ukuran motherboardnya dapat diperkecil. Contoh lain misalnya IC digunakan di dalam mesin penghitung elektronik (kalkulator), juga telepon seluler yang bentuknya relatif kecil. 


Gambar 5.2 IC logika berbentuk chip

Di era teknologi saat ini, peralatan elektronik dituntut untuk mempunyai ukuran dan beratnya ringan dan sekecil mungkin, dan hal itu dilakukan dengan penggunaannya IC. IC (Integrated Circuit) adalah suatu komponen elektronik yang dibuat dari bahan semi konduktor, dimana IC merupakan gabungan dari beberapa komponen seperti Resistor, Kapasitor, Dioda dan Transistor yang telah terintegrasi menjadi sebuah rangkaian berbentuk chip kecil seperti yang ditunjukkan pada Gambar 5.2. Dengan adanya teknologi IC ini akan sangat menguntungkan, sehingga rangkaian yang memakan banyak tempat dan sangat rumit kini bisa diringkas dalam sebuah kepingan IC / integrated circuit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel