Kompetensi Guru SMK - Ruang Pendidikan

Kompetensi Guru SMK

RuangPendidikan.net - Kondisi SMK saat ini adalah sebagai berikut :
  • Kurikulum di SMK masih diperlukan penyesuaian. Sebagai contoh, rasio praktek (40%) lebih kecil dibandingkan teori (60%)**. 
  • Peralatan praktek di SMK masih belum memenuhi standar di industri saat ini. Hampir 30% dari peralatan praktek masih tertinggal dua generasi dengan peralatan yang digunakan oleh industri**. 
  • Kualitas Guru SMK masih rendah, dari total 302.000 Guru SMK, hanya sebesar 22% merupakan guru produktif yang tidak hanya mengerti teori namun juga mengerti praktek**. 
  • Akses Pendidikan SMK belum merata. Sebagai contoh, sebesar 60,9% lembaga pelatihan berada di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. 
  • Profesi kejuruan diharapkan mampu menjadi pendorong pembangunan Indonesia, sehingga menjadi negara terdepan dalam pemanfaatan sains dan teknologi di kawasan Asia. 
  • Profesi kejuruan memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda-beda antara satu keahlian dengan keahlian yang lainnya. 
  • Tiap profesi kejuruan dituntut memiliki kompetensi tertentu untuk melaksanakan pekerjaan pada profesi kejuruannya. 
  • Persaingan dengan tenaga kerja asing menuntut tenaga kerja Indonesia harus memiliki keunggulan kompetitif. 
  • Keunggulan kompetitif tenaga kerja dapat dicapai apabila memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skill), karena perkembangan industri secara global semakin membutuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. 
STANDAR KUALIFIKASI DAN KOMPETENSI GURU SMK

Permendiknas No. 16 Tahun 2007
  • Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru PAUD/TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK
  • Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru SMK untuk Guru kelompok mapel normatif dan adaptif.
KOMPETENSI GURU

  • Kompetensi pedagogik adalah seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk merencanakan, melaksanakan, menilai dan mengevaluasi hasil pembelajaran.
  • Kompetensi kepribadian adalah seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang membentuk kepribadian guru yang mencerminkan akhlak mulia, kejujuran, kearifan, dan kewibawaan sehingga menjadi teladan bagi peserta didik.
  • Kompetensi sosial adalah seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk berkomunikasi, berinteraksi, bekerja sama, dan beradaptasi secara efektif dan efisien dengan peserta didik, sesama guru, orangtua/wali, komunitas profesi  dan masyarakat luas.
  • Kompetensi profesional adalah seperangkat pengetahuan, sikap, dan keterampilan tentang struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang harus dimiliki, dikuasai, dihayati, dan diaktualisasikan oleh guru sesuai dengan program keahlian yang dimiliki. 


KUALIFIKASI AKADEMIK GURU SMK/MAK - PERMENDIKNAS NO 16 -2007


“ Guru pada SMK/MAK (guru adaptif dan Normatif) atau bentuk lain yang sederajat harus memiliki kualifikasi akademik pendidikan D-IV atau S1 program studi yang sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan/diampu, dan diperoleh dari program studi yang terkareditasi”

“ Kualifikasi akademik yang dipersyaratkan untuk dapat diangkat sebagai guru dalam bidang-bidang khusus yang sangat diperlukan tetapi belum dikembangkan di perguruan tinggi dapat diperoleh melalui uji kelayakan dan kesetaraan. Uji kelayakan dan kesetaraan bagi seseorang yang memiliki keahlian tanpa ijazah dilakukan oleh perguruan tinggi yang diberi wewenang untuk melaksanakannya.”

TUJUAN PENGEMBANGAN STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU SMK

  1. Meningkatkan kualitas Guru SMK
  2. Meningkatkan kualitas lulusan SMK
  3. Meningkatkan daya saing
ISU-ISU BERKAITAN DENGAN STANDAR KUALIFIKASI AKADEMIK DAN KOMPETENSI GURU SMK

  1. ISU GLOBAL=> SERTIFIKASI KOMPETENSI TINGKAT ASEAN
  2. KUALITAS LPTK SANGAT BERAGAM => AKREDITASI SUDAH CUKUP? (INSTRUMEN, ASESOR)?
  3. KERAGAMAN PROGRAM KEAHLIAN SMK (171) => BERKAITAN DENGAN GURU PRODUKTIF
  4. KOMPARABILITAS KOMPETENSI GURU SMK DI INDONESIA
  5. KURIKULUM 2013 MENIADAKAN GURU TIK. TIK HARUS TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN YANG HARUS DIAMPU OLEH GURU MATA PELAJARAN. 
  6. KUALIFIKASI AKADEMIK vs KOMPETENSI => RPL
  7. KOMPETENSI GURU BERKAITAN DENGAN SOFTSKIL (ATTITUDE) MASIH DIPERTANYAKAN
  8. PERLUNYA PENGALAMAN INDUSTRI BAGI GURU


Kompetensi Abad 21

21 Century Learning


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel