Langkah Penulisan Buku Ajar - Ruang Pendidikan

Langkah Penulisan Buku Ajar


Langkah Penulisan Buku Ajаr


Menurut Jones dalam Akbar (2013:34) langkah penulisan buku adalah sebagai berikut : (a) planning (perencanaan), (b) gathering data (pengumpulan data), (c) writing (penulisan), (d) reflecting  (perefleksian), (e) revising (perevisian), dan (f) submitting (penyampaian pada pembaca).
Berdasarkan pada Standar Nasional yang ditunjukkan pada Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016 Pasal 3 dan disesuaikan dengan kebutuhan SMK Negeri 1 Kepanjen yang terdapat bagian kulit buku, bagian awal, bagian isi dan bagian akhir. Bagian kulit buku terdiri atas, 1) kulit depan buku, 2) kulit belakang buku dan 3) punggung buku. Bagian awal terdiri atas 1) judul, 2) kata pengantar, 3) daftar isi, 4) daftar tabel, 5) daftar gambar, 6) petunjuk penggunaan buku. Bagian isi terdiri atas 1) bab/unit, 2) tujuan pembelajaran, 3) uraian materi setiap unit, 4) rangkuman, dan 5) tes formatif. Bagian akhir terdiri atas, 1) glosarium, 2) daftar pustaka, dan 3) tentang penulis.
Berdasarkan pernyataan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa format buku ajar terdapat bagian kulit buku, bagian awal, bagian isi dan bagian akhir dengan melalui langkah-langkah yang sesuai dengan kriteria penulisan buku ajar/buku teks pelajaran.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel