Latar Belakang, Tujuan dan Manfaat Praktek Kerja Industri - Ruang Pendidikan

Latar Belakang, Tujuan dan Manfaat Praktek Kerja Industri


LATAR BELAKANG


Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat di berbagai bidang terlebih dalam industrialisasi. Namun demikian kebutuhan akan tenaga ahli sebagai pengendali dan pelaksana sangatlah diperlukan, guna menunjang asset teknologi yang digunakan. Dalam hal ini keahlian, ketrampilan dan profesionalisme sangatlah mempunyai peranan yang penting.

Latar Belakang, Tujuan dan Manfaat Praktek Kerja Industri

Universitas merupakan suatu lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang terampil, profesional dan siap pakai untuk jenjang engineer menengah dibidangnya. Oleh karena itu Universitas dituntut agar selalu dapat menyesuaikan pendidikannya dengan perkembangan lapangan pekerjaan yang sesungguhnya, guna mendapatkan tenaga sarjana teknik yang dapat diharapkan. Universitas berupaya untuk menggabungkan keilmuan dari institusi kampus dengan kondisi serta teknologi yang ada dan berkembang di dunia luar khususnya dunia industri. Sehingga pada akhirnya dapat mewujudkan lulusan Sarjan terbaik yang siap pakai dan profesional.

TUJUAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI

Kegiatan Praktek Kerja nyata ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga profesional, disiplin, kreatif, dan jujur untuk meningkatkan etos kerja.

MANFAAT PRAKTEK KERJA INDUSTRI

1. Bagi Mahasiswa
  • Memperdalam dan meningkatkan kualitas, ketrampilan dan kreatifitas pribadi yang sesuai dengan ilmu yang dimiliki.
  • Melatih diri agar tanggap dan peka dalam menghadapi situasi dan kodisi lingkungan kerja serta mempersiapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan di masa yang akan datang.
  • Menambah wawasan, pengetahuan dan pengalaman sebagai generasi terdidik untuk nantinya dapat terjun dalam masyarakat terutama di lingkungan perusahaan.

2. Bagi Universitas
  • Mencetak calon tenaga kerja yang terampil, jujur dan kompeten dalam menjalankan tugas. Sebagai masukan untuk mengevaluasi sampai sejauh mana kurikulum yang sudah diterapkan sesuai dengan kebutuhan tenaga kerja yang terampil di bidangnya.
  • Sebagai sarana pengenalan instansi pendidikan universitas kepada badan usaha perusahaan yang membutuhkan lulusan atau tenaga kerja yang dihasilkan oleh Universitas

3. Bagi Perusahaan
  • Memanfaatkan sumber daya yang potensial.
  • Membantu melakukan perkerjaan yang terdapat pada perusahaan tempat mahasiswa melaksanakan kegiatan magang.
  • Sebagai sarana untuk menjebatani hubungan kerja sama anatara perusahaan dengan Universitas dimasa yang akan datang, khususnya mengenai rekruitmen tenaga kerja.
  • Sebagai sarana untuk mengetahui kualitas pendidikan yang ada di Universitas 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel