LENGTH MEASUREMENT MACHINE ( Mesin Pengukur Panjang) - Ruang Pendidikan

LENGTH MEASUREMENT MACHINE ( Mesin Pengukur Panjang)

3.1 Length Measurement Machine
Length Measurement Machine adalah suatu mesin yang terdapat dalam Divisi Munisi subdep Harsin Muri PT. PINDAD (Persero) yang digunakan untuk mengukur panjang dan diameter produk agar sesuai dengan standart (mutu) yang ditetapkan. Mesin ini bersifat kompak, karena telah dirangkai dalam satu paket mulai dari bagian mekanik hingga elektrik berserta controller sekaligus.

LENGTH MEASUREMENT MACHINE ( Mesin Pengukur Panjang)



3.2 Rangkaian Daya
3.2.1 Filter Fan (Pendingin Panel)
Nyala atau matinya fan dipengaruhi oleh terbuka atau tertutupnya pintu panel. Hal ini disebabkan jika pintu tertutup maka tombol limit switch akan ON sehingga fan aktif begitu juga sebaliknya jika limit switch OFF maka fan akan mati. 

3.2.2 Voltage Monitoring
Voltage monitoring disini berfungsi untuk memantau tegangan yang bias diset dengan menggunakan time relay. Jika tegangan lebih kecil atau lebih besar dari tegangan yang telah diset, maka saklar secara otomatis akan terputus.

3.2.3 Brake
Brake berfungsi mengerem jika mesin mati magnet tersambung, namun jika mesin hidup magnet terputus. Brake akan bekerja jika kontaktor bekerja. Jika beban terlalu besar atau melebihi kapasitas maka akan terjadi overload. 

3.2.4 Filter and Main Supply Unit
Main filter merupakan rangkaianyang terdiri dari kapasitor dan induktansi yang berfungsi sebagai penstabil. Tegangan yang keluar dari main filter adalah 220 volt yang dihubungkan atau diteruskan ke main supply. Main supply unit berfungsi untuk memantau atau memonitor tegangan dan untuk membantu tugas kontaktor dalam menghasilkan sumber tegangan DC 24 volt dengan tersambung atau terputusnya saklar.

3.2.5 Power Supply Switch Off by Trouble
Sumber tenaga / power yang digunakan disini sangatlah efektif dikarenakan apabila dalam penggunaannya, length measurement machine ini akan secara otomatis mematikan fungsi sumber tenaganya jika terjadi 
suatu problem atau trouble tertentu yang tidak dikehendaki.

3.2.6 Voltage Monitoring
Sumber tegangan 220 volt keluaran control voltage dihubungkan ke voltage control unit. Voltage control unit berfungsi untuk memantau tegangan tanpa harus diset terlebih dahulu. Jika tegangan lebih kecil atau leih besar dari kapasitas yang ada maka sekring pemantau tegangan akan terputus.

3.2.7 Main Switch Emergency off / stop
Merupakan penghubung 3 fasa dari sumber tegangan 220 volt ke mesin. Dimana main switch ini berfungsi untuk mematikan mesin secara darurat. Cara kerjanya yakni dimana main switch sebagai saklar utama kemudian disambungkan (dalam keadaan ON) maka tegangan akan terhubung dari sumber tegangan ke mesin dan elemen-elemennya sehingga dapat dioperasikan menurut fungsi dan mekanisme kerjanya masing-masing dan begitu juga sebaliknya jika disambungkan dalam keadaan terputus (OFF) maka kontak yang ada pun terputus (semua mesin mati)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel