Menguasai Elektronika Aplikasi & Industri dengan Singkat/Cepat dan Tepat Part 1 - Ruang Pendidikan

Menguasai Elektronika Aplikasi & Industri dengan Singkat/Cepat dan Tepat Part 1

RuangPendidikan.net - Berikut adalah Cara Menguasai Elektronika Aplikasi & Industri dengan Singkat/Cepat dan Tepat

Dasar-Dasar Kelistrikan & Elektronik


Menguasai Elektronika Aplikasi & Industri dengan Singkat/Cepat dan Tepat
Dengan mempelajari materi kelistrikan dan elektronik “dasar” seseorang akan “mampu” menguasai: 
  • Apa arti pengertian “listrik” sesungguhnya, sehingga seseorang tidak akan “takut” lagi akan penggunaan listrik, bahkan akan menjadikannya sebagai “sahabat”, merancang “sesuatu” yang mengandung listrik, tidak mudah “ditipu muslihat” dengan orang lain (teknisi), dan tentu saja dengan kelistrikan itu sendiri akan menciptakan peluang-peluang usaha bidang kelistrikan yang sangat PROFIT!! 
  • Memahami dan “menguasai” apa yang dimaksud dengan istilah-istilah Voltage (tegangan), Ampere (arus listrik), Hambatan (ohm), AC/DC, membaca rangkaian Elektronik dan Kelistrikan, ataupun halhal lain suatu elektronik & listrik secara cepat dan tepat. 
  • Mampu membuktikan dan melakukan sendiri dalam hal “trouble shooting” elektronik dan kelistrikan yang dianggap “berbahaya & sulit”, sehingga justru menjadikan tambahan khasanah/wawasan ilmu pengetahuan sebagai langkah pijakan dasar menjadi seorang “teknisi” ataupun “engineer” private!  
  • Mampu, menguasai dan memahami  dengan SINGKAT, CEPAT, TEPAT. pengukuran besaran-besaran listrik & elektronik, sehingga seseorang akan mampu menghitung, merencanakan, merakit, dan menservice ulang suatu “sistem elektronik & listrik”, (dalam hal ini materi “tidak hanya” mengarahkan seseorang menjadi “tukang-service”), namun justru lebih dari hal itu.

Macam Macam Contoh Aplikasi Sensor

Pengertian sensor ataupun tranduser sebenarnya bisa kita buat dan ciptakan sendiri contoh2 berikut ini aplikasinya: 

A. Sensor kebasahan 

Sensor ini sesuai dengan namanya  “kebasahan”, jadi titik sentuh akan “klik” saat “elektroda” sentuh akan terkena air/basah. Sedangkan rangkaiannya dapat kita contohkan dan jelaskan sebagai berikut: 

sensor kebasahan air

Gambar  diatas adalah sensor kebasahan air yang aplikasinya dapat kita pakai sesuatu yang murah meriah namun berguna: - mendeteksi adik bayi kita saat ngompol - untuk sensor tetesan air hujan daripada jemuran kita basah - sensor air masuk rumah, kebanjiran dll - sensor air dalam tandon air kosong apa terisi…atau  - bahkan TSUNAMI, apapun pokoknya untuk mendeteksi basah-cairan - dsb 

Caranya adalah:  dibuat dari bahan PCB tipis, lalu kita tempeli stiker bahan tambal panci (aluminium foil) dan membentuk spt gbr melingkar2 spt diatas….lalu kedua titik ujung pertemukan dengan point X dan Y…. sehingga jika titik X-Y terkena “basah” maka speaker sebagai indikator akan hidup/klik… klik tsb akan mengerjakan sesuatu (buzer, bell, alarm, sistem lain..dsb), ….naaah mudah kan? apalgi murah….tapi dengan disain yang menawan, maka ide yang “murah” ini akan menjadi “MAHAL” di tangan orang yang tepat!! 


B. sensor infra red ( sensor remote kontrol ) 

sedangkan untuk yang berikut ini adalah sebuah sensor infra merah….kedengarannya agak sederhana dan biasa…tapi tunggu dulu, manfaatnya dapat kita aplikasikan ( agar berguna bagi kept manusia ataupun dunia bisnis ) untuk berbagai hal, bayangkan remote kontrol punya kita, remote kontrol TV,VCD,tape, audio mobil, dll…dapat kita rubah untuk hal-hal “LAINNYA”…misal: 

  • mengerakan pintu gerbang buka-tutup pada saat kita menyetir mobil untuk masuk garasi rumah. - Menggerakan korden rumah yang besar-besar dan tinggi-tinggi yang tidak mungkin dilakukan manula atau anak-anak - Membuka (mengendalikan) pintu rumah dari jarak tertentu - Dsb…tak terbatas tergantung ide kita…! 


 Sistem dasarnya dapat kita pakai rangkaian berikut ini: 

 sensor infra red ( sensor remote kontrol )


Pada saat remote apapun jenisnya (pokok infra merah) kita arahkan ke modul sensor….maka rangkaian Tr.BC567 merespon dan akan menggerakan BZ=Buzer…akan bunyi tiiiiittt….  Tapi, tunggu dulu…cumabegitu kah???? Tentu tidak! nah…ayo kita gunakan ide dari otak kita agar berkembang…!! Bayangkan jika BZ=Buzer tersebut sedikit kita “modif” di hubungkan degan rangkaian driver relay?...wah pasti seru sekali…semua rangkaian listrik akan dapat kita ON/OFF kan dari remote kita…misalnya dipakai untuk: 

  • menghidupkan pintu gerbang listrik bergerak open close,  
  • lampu rumah kita diremote juga,  
  • mainan adik kita bisa kita on/off bergerak,  
  • alarm atau menstarter sepeda motor dari jarak tertentu,  
  • ataupun utk mengaktifkan sistem “mati/hidup” peralatan atau sistem listrik…yaa ini adalah sensor pengendali dari jarak “tertentu..! Murah tapi canggih…naah… 


jika anda lupa ini rangkaian driver relaynya….input rangkaian driver relay ini dapat anda “control” hubungkan dengan BUZER fasa(+)nya…dan relay akan bekerja “klik” jika basis ditriger oleh sensor yg berasal dari remote. 
rangkaian driver relaynya


Sedangkan kontak relay tsb dapat anda hubungkan dgn “beban” peralatan2 elektronik atau sistem kelistrikan, sehingga dapat ON/OFF sesuai perintah kontrol remote yg kita rancang. 



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel