Pembelajaran dengan Kurikulum 2013 - Ruang Pendidikan

Pembelajaran dengan Kurikulum 2013


Pembelajaran dengan Kurikulum 2013
 Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Kurikulum 2013 mempunyai tujuan untuk mendorong siswa atau peserta didik agar dapat melakukan observasi (observation), bertanya (questioning), menalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan) apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pelajaran. (Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003)
Berdasarkan Permendikbud Nomor 54 Tahun 2013 bahwa proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu sikap (tahu mengapa), pengetahuan (tahu apa), dan keterampilan (tahu bagaimana). Hasil belajar akan menjadikan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Proses pembelajaran di dalam Kurikulum 2013 untuk semua jenjang pendidikan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan ilmiah (saintifik approach). Langkah-langkah pendekatan ilmiah (scientific approach) hampir sama dengan langkah pendekatan kontekstual, yakni melalui proses pembelajaran yang meliputi menggali informasi melaui observing/pengamatan, questioning/bertanya, mengumpulkan informasi/eksperimen, kemudian mengolah data / informasi, menyajikan data / informasi yang dilanjutkan dengan menganalisis,  menalar, kemudian menyimpulkan, dan mencipta.
Kesimpulan dari penjelasan diatas bahwa Kurikulum 2013 merupakan pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran yang meliputi proses pembelajaran yang menyentuh ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan menggunakan pendekatan ilmiah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel