IC 8038 dan Pengaplikasiannya Pada Function Generator - Ruang Pendidikan

IC 8038 dan Pengaplikasiannya Pada Function Generator

IC 8038



Generator gelombang ICL8038 adalah sirkuit terpadu monolitik mampu menghasilkan sinus akurasi yang tinggi, bentuk gelombang persegi & segitiga dengan minimal komponen eksternal.


Frekuensi (atau pengulangan rate) dapat dipilih eksternal dari 0.001 Hz sampai lebih dari 300 kHz baik menggunakan resistor atau kapasitor, dan frekuensi modulasi dan menyapu dapat dicapai dengan tegangan eksternal.
ICL8038 ini dibuat dengan teknologi monolitik lanjut, gunakan dioda barrier Schottky dan resistor film tipis, dan output stabil atas berbagai variasi suhu dan pasokan. Perangkat ini dapat dihubungkan dengan sirkuit fase loop terkunci untuk mengurangi suhu melayang hingga kurang dari 250ppm/oC.


Fitur dari IC 8038

  • Low Frequency Drift with Temperature 250ppm/oC
  • Low Distortion 1%(SineWave Output)
  • High Linearity 0.1%(Triangle Wave Output)
  • Wide Frequency Range 0.001Hz to 300kHz
  • Variable Duty Cycle 2%to 98%
  • High Level Outputs TTL to 28V
  • Simultaneous Sine, Square, and Triangle Wave Outputs
  • Easy to Use - Just a Handful of External Components Required
Skema Dari IC 8038
Skema Dari IC 8038
Kerja IC 8038
Sebuah kapasitor eksternal C dibebankan dan diberhentikan oleh dua sumber. Sumber arus 2 diaktifkan dan dimatikan oleh flip-flop, sedangkan sumber arus 1 akan terus menyala. Dengan asumsi bahwa flip-flop dalam kondisi sedemikian rupa sehingga sumber arus 2 tidak aktif, dan kapasitor dibebankan, tegangan di kapasitor naik linier setara dengan waktu. Ketika tegangan ini mencapai tingkat pembanding 1 (ditetapkan pada 2 / 3 pasokan tegangan), flip-flop dipicu, m,engalami perubahan, dan rilis saat ini sumber 2. Sumber arus ini biasanya membawa 2I , sehingga kapasitor dibuang dengan arus dan tegangan di atasnya tetes linier dengan waktu. Ketika telah mencapai tingkat pembanding 2 (ditetapkan pada 1 / 3 dari tegangan suplai), flip-flop dipicu ke aslinya dan siklus dimulai lagi. Empat bentuk gelombang dapat segera diperoleh dari dasar generator sirkuit. Dengan sumber arus ditetapkan pada I dan 2I masing-masing, waktu pengisian dan pengosongan adalah sama. Jadi gelombang segitiga dibuat di kapasitor dan flip-flop menghasilkan gelombang persegi. Kedua bentuk gelombang dimasukkan ke buffer tahap dan tersedia di pin 3 dan 9.
Simetri dari semua gelombang dapat disesuaikan dengan waktu eksternal resistor. Dua kemungkinan cara untuk melakukannya ditunjukkan dalam Gambar 3. Hasil terbaik diperoleh dengan menjaga waktu resistor RA dan RB terpisah (A). RA kontrol bagian yang menaik dari segitiga
Frekuensi generator gelombang merupakan fungsi langsung dari tegangan DC di Terminal 8 (diukur dari V +). Dengan mengubah tegangan ini, modulasi frekuensi dilakukan. Untuk penyimpangan kecil (misalnya ± 10%) sinyal modulasi dapat diterapkan langsung ke pin 8, hanya menyediakan decoupling DC dengan kapasitor seperti yang ditunjukkan pada Gambar 5A. Sebuah resistor eksternal antara pin 7 dan 8 adalah tidak perlu, tetapi dapat digunakan untuk meningkatkan masukan impedansi dari sekitar 8kΩ (pin 7 dan 8 dihubungkan bersama-sama), menjadi sekitar (R + 8kΩ). Untuk penyimpangan FM lebih besar atau untuk frekuensi menyapu, maka modulasi sinyal diterapkan antara suplai positif tegangan dan pin 8 (Gambar 5B). Dengan cara ini bias keseluruhan untuk sumber saat ini diciptakan oleh sinyal modulasi, dan kisaran (misalnya 1000:1) menyapu sangat besar dibuat (F = Minimum di VSWEEP = 0, yaitu, Pin 8 = V +). Perawatan harus diambil, namun, untuk mengatur tegangan suplai; dalam hal ini konfigurasi muatan saat ini tidak lagi menjadi fungsi suplai tegangan (namun ambang pemicu masih) dan dengan demikian frekuensi menjadi tergantung pada tegangan suplai. Potensi pada Pin 8 dapat menyapu turun dari V + oleh (1 / 3 VSUPPLY - 2V).
Aplikasi IC 8038 Pada Fucntion Generator
ruangpendidikan.net
Dibangun dengan satu generator gelombang IC 8038 , sirkuit ini menghasilkan, persegi atau segitiga gelombang sinus dari 20 Hz sampai 200 kHz dalam empat rentang diaktifkan.. Ada baik output tingkat tinggi dan rendah yang dapat disesuaikan dengan tingkat kontrol.. Proyek ini membuat tambahan yang berguna untuk setiap engineering
Semua gelombang dihasilkan oleh IC 8038. IC ini serbaguna bahkan memiliki input menyapu, tetapi tidak digunakan dalam rangkaian ini. IC berisi osilator internal, frekuensi yang dikendalikan oleh waktu kapasitor C1 - C4 dan potensiometer 10k. Toleransi dari kapasitor harus 10% atau lebih baik untuk stabilitas. Gelombang kotak Persegi ini dibedakan untuk menghasilkan gelombang segitiga, yang pada gilirannya dibentuk untuk menghasilkan gelombang sinus. Semua ini dilakukan secara internal, dengan minimum komponen eksternal. Kemurnian gelombang sinus disesuaikan oleh dua 100k preset resistor.
Saklar bentuk gelombang adalah tiang cara 3 single rotary switch, lengan wiper memilih bentuk gelombang dan dihubungkan ke potensiometer 10k yang mengontrol amplitudo dari semua bentuk gelombang.. IC2 adalah LF351 op-amp kabel sebagai standar langsung digabungkan non-inverting buffer, menyediakan isolasi antara generator gelombang, dan juga meningkatkan arus keluaran. Resistor 2.2k dan 47 ohm membentuk attenuator output.. Pada output tinggi, amplitudo maksimum adalah sekitar 8 V pk-pk dengan gelombang persegi.. Maksimum untuk gelombang segitiga dan sinus sekitar 6 V dan 4 V masing-masing.. Kontrol amplitudo rendah berguna untuk amplifier pengujian, sebagai amplitudo 20 mV dan 50 mV mudah dicapai.
Kedua 100k resistor preset menyesuaikan kemurnian gelombang sinus. Jika disesuaikan dengan benar, maka distorsi jumlah kurang dari 1%. Gelombang keluaran idealnya harus dipantau dengan osiloskop

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel