Media dalam Dunia Pendidikan beserta Jenis-Jenisnya - Ruang Pendidikan

Media dalam Dunia Pendidikan beserta Jenis-Jenisnya

1. Media Dalam Dunia Pendidikan

Banyak para ahli media yang mendefinisikan arti kata media. Kata media berasal dari bahasa latin ‘medius’ yang berarti ‘tengah’, ‘perantara’, atau ‘pengantar’ (Arsyad, 2011:3). Dalam KBBI kata media diartikan (1) alat; (2) alat komunikasi; (3) terletak diantara dua pihak (orang, golongan, dsb): wayang bisa dipakai sebagai pendidikan; (4) perantara atau penghubung; atau (5) zat hara yang mengandung protein, karbohidrat, garam, air, dan lain sebagainya baik berupa cairan atau yang dipadatkan dengan tambahan gelatin untuk menumbuhkan sel, bakteri, atau jaringan tumbuhan. 


Media dalam pendidikan sebagai sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat sarta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi. (Sadiman, dkk (2010:7))

Akbar (2013:112) menjelaskan konsep media dan sumber belajar menjadi dua istilah yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya menunjuk pada satu objek serupa. Jika objek tersebut difungsikan, ia disebut media, sedangkan “bendanya” sendiri disebut sebagai sumber belajar. 
Menurut Susilana dan Riyana (2009:10), media pembelajaran memiliki nilai dan manfaat sebagai berikut:
  1. Membuat konkrit konsep-konsep yang abstrak. Konsep bersifat abstrak dan sulit dijelaskan langsung kepada peserta didik / siswa agar bisa disederhanakan atau dikonkritkan melalui pemanfaatan media pembelajaran.
  2. Menghadirkan objek yang terlalu  sukar atau berbahaya didapat dalam lingkungan belajar.
  3. Menampilkan objek yang terlalu besar atau kecil.
  4. Memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat atau lambat.


Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pada dunia pendidikan memiliki arti segala sesuatu yang dapat dijadikan atau digunakan sebagai perantara penyampaian informasi untuk merangsang siswa sedemikian rupa guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

2. Jenis-jenis Media Dalam Dunia Pendidikan

Arsyad (2011:3) mengelompokkan media menjadi empat, yaitu (1) media hasil telnologi cetak, (2) media hasil teknologi audio-visual, (3) media hasil teknologi berdasarkan komputer, dan (4) media hasil gabungan teknologi cetak dan komputer. Sadiman, dkk (2010) mengelompokkan media dalam garis besar yaitu, (1) media grafis, (2) media audio, dan (3) media proyeksi diam. 

Sudjana dan Rivai (2013:3) mengklasifikasi media menjadi tiga, yaitu (1) media grafis, (2) media tiga dimensi, dan (3) media proyeksi. Media grafis meliputi gambar, foto, grafik, bagan atau diagram, poster, kartun, komik, dan lain-lain. Media tiga dimensi meliputi bentuk model seperti model padat, model penampang, model susun, model kerja, mock-up, diorama dan lain-lain. Media  proyeksi meliputi slide, film stips, film, OHP dan lain-lain.

Berdasarkan taksonomi Briggs dalam Sudjana dan Rivai (2013:23) mengelompokkan media menurut stimulus yang dapat ditimbulkan oleh media itu sendiri. Media dilihat berdasar dengan karakteristik siswa, tugas pembelajaran, bahan, dan transmisinya seperti tertera pada Tabel 1.

taksonomi Briggs dalam Sudjana dan Rivai

Sumber: Sadiman, dkk (2010:24)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel