Model Penelitian Pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) - Ruang Pendidikan

Model Penelitian Pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation)

Terdapat 5 langkah pengembangan dalam model penelitian pengembangan ADDIE, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation (Benny A. Pribadi, 2009:125). Adapun tahapan pengembangan model ADDIE dapat dilihat pada Gambar 2.3. 

Model Penelitian Pengembangan ADDIE

Gambar 2.3 Tahapan Model Pengembangan ADDIE (Sumber: Benny, 2009:2)  


a. Analyze 
Analisis merupakan langkah pertama model pengembangan ADDIE. Dalam tahap analisis ada tiga segmen yang harus dianalisis yaitu siswa, pembelajaran serta media untuk menyampaikan bahan ajarnya. Setidaknya ada beberapa langkah dalam tahap ini, yaitu: 1) Menganalisis siswa; 2) Menetukan materi ajar; 3) Menentukan standar kompetensi yang akan dicapai; 4) Menentukan media yang akan digunakan. Dalam fase ini yang menjadi perhatian utama bagi perancang adalah target pembelajarannya. 

b. Design 
Design (Desain) merupakan tahap kedua dalam model pengembangan ADDIE. Desain disusun dengan mempelajari analisis yang telah dilakukan sebelumnya kemudian mencari solusi terhadap masalah yang muncul pada tahap analisis. Salah satu tujuan dari tahap desain yaitu menentukan strategi pembelajaran yang sesuai sehingga nantinya dapat mencapai kompetensi yang diharapkan. 

c. Development 
Setelah melalui tahap desain, tahap selanjutnya ialah development atau pengembangan, dimana desain yang dilakukan pada tahap sebelumnya ditindak lanjuti dalam tahap pengembangan. Tahap pengembangan meliputi kegiatan membuat, membeli, dan memodifikasi bahan ajar. Tahap pengembangan ini juga harus dipadukan atau dikombinasikan dengan media-media yang kiranya bisa mendukung pembelajaran. 
  
d. Implementation 
Implementasi yang berarti pelaksanaan atau penerapan dari beberapa tahap sebelumnya, dimana pada tahap ini diharapkan terjadinya pemecahan masalah/ solusi untuk hal-hal yang muncul pada tahap sebelumnya, serta dapat membantu dalam mencapai kompetensi yang diinginkan. 

e. Evaluation 
Evaluasi adalah tahap yang bertujuan untuk mengetahui keberhasilan dari suatu rencana pembelajaran. Pada dasarnya evaluasi dapat dilakukan sepanjang pelaksanaan kelima langkah tahapan ADDIE. Dalam melaksanakan evaluasi hendaknya meperhatikan tujuan yang hendak dicapai pada awal perencanaan. Bentuk evaluasi yang dapat dilakukan yaitu formatif dan sumatif. Evaluasi formatif dilakukan diseluruh fase-fase tersebut. Evaluasi formatif bertujuan untuk memperbaiki sistem pembelajaran yang dibuat sebelum versi terakhir diterapkan. Evaluasi sumatif dilakukan setelah versi terkahir selesai dan diterapkan, bertujuan untuk menilai keefektifan pembelajaran secara keseluruhan. Dari pemaparan di atas dapat disimpulkan bahwa dalam metode pengembangan ADDIE terdapat beberapa tahap, yaitu: (1) Analysis, dalam tahap ini target pembelajarannya ditentukan, (2) Design, menentukan strategi pembelajaran yang sesuai, (3) Development, desain yang dilakukan pada tahap sebelumnya ditindak lanjuti dalam tahap pengembangan, (4) Implementation, berarti pelaksanaan atau penerapan dari beberapa tahap sebelumnya, (5) Evaluation, bertujuan untuk mengetahui keberhasilan dari suatu rencana pembelajaran. Berdasarkan beberapa model penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah dalam model penelitian ADDIE paling sesuai, dikarenakan sudah  mencakup semua kegiatan pokok yang akan dilakukan dalam penelitian dan sesuai dengan tujuan dan permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian.  

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel