Modul Mikrokontroler Lanjut - Motor Stepper - Ruang Pendidikan

Modul Mikrokontroler Lanjut - Motor Stepper

Motor stepper merupakan perangkat elektro mekanis yang bekerja dengan mengubah pulsa elektronis menjadi gerakan mekanis diskrit. Motor stepper melakukan gerakan berdasarkan urutan pulsa yang diberikan kepada motor. Oleh karena itu, untuk menggerakkan motor stepper diperlukan pengendali yang membangkitkan clock / pulsa periodik. Gambar 3.1 memperlihatkan bentuk fisik motor stepper.

Motor Stepper

Gambar 3.1 Motor Stepper

A. Jenis-jenis Motor Stepper
Pada dasarnya berdasarkan prinsip kerjanya, terdapat 3 tipe motor stepper yaitu: 
1. Motor stepper tipe Variable reluctance (VR)
2. Motor stepper tipe Permanent Magnet (PM)
3. Motor stepper tipe Hybrid (HB)

Berdasarkan lilitannya, motor stepper dapat dibagi menjadi dua:
1. Unipolar 
2. Bipolar

B. Prinsip Kerja Motor Stepper
Ada dua tipe pengendalian motor stepper, yaitu metode full step dan metode half step.
1. Metode Full Step
Metode full step disebut juga metode pembangkitan tunggal. Untuk tipe pcmbangkitan tunggal dapat dilihat lebih jelas pada Tabel 3.1. Dalam Tabel 3.1, karakteristik pembangkitan stepper hanya ada satu kondisi yang aktif. Contohnya jika koil satu aktif dan lainnya mati, maka rotor akan menghadap ke kutub satu. Bila koil dua aktif, dan kutub lainnya off, rotor akan menghadap ke kutub dua dan seterusnya. 

2. Metode Half Step
Metode half step disebut juga metode pembangkitan ganda. Untuk metode pembangkitan ganda, urutan pembangkitan motor stepper dengan dapat dilihat pada Tabel 3.2. Dalam Tabel 3.2, terlihat bahwa dua koil aktif bersamaan, dan dua lainnya mati, menyebabkan rotor menghadap diantara kutub yang aktif. Contohnya, untuk kondisi koil satu dan dua aktif, rotor akan menghadap ke titik diantara kutub satu dan dua, dan seterusnya.

Download Modul Disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel