Modul Pelatihan Dasar Calon PNS (HABITUASI) - Pendahuluan - Ruang Pendidikan

Modul Pelatihan Dasar Calon PNS (HABITUASI) - Pendahuluan

Modul Pelatihan Dasar Calon PNS (HABITUASI)Latar Belakang - Dalam sistem pembelajaran Pelatihan Dasar Calon PNS pada kurikulum yang menekankan pada pembentukan karakter PNS, setiap peserta pelatihan dituntut untuk mampu mengaktualisasikan substansi materi pembelajaran yang telah dipelajari melalui proses pembiasaan diri yang difasilitasi dalam pembelajaran agenda Habituasi. Pembelajaran Agenda Habituasi memfasilitasi peserta melakukan kegiatan pembelajaran aktualisasi mata-mata Pelatihan khususnya pada pembelajaran agenda kedudukan dan peran PNS dalam NKRI dan pembelajaran agenda nilai-nilai dasar PNS yang telah dipelajari.  

Pengalaman belajar pada agenda habituasi dirancang agar peserta mendapatkan pemahaman tentang konsepsi habituasi melalui kegiatan pembelajaran aktualisasi di tempat kerja dan penjelasan tentang kegiatan pembelajaran aktualisasi sehingga peserta akan memiliki kemampuan mensintesakan substansi mata Pelatihan ke dalam rancangan aktualisasi, pembimbingan pembelajaran aktualisasi, melaksanakan seminar rancangan aktualisasi, melaksanakan aktualisasi di tempat kerja dan menyusun laporan aktualisasi, menyiapkan rencana presentasi laporan pelaksanaan aktualisasi, dan melaksanakan seminar aktualisasi. Khusus bagi peserta Pelatihan Dasar Calon PNS Golongan III dituntut suatu kemampuan untuk mendeskripsikan analisis dampak apabila nilai-nilai dasar PNS tidak diterapkan dalam pelaksanaan tugas jabatan yang dituangkan di dalam laporan aktualisasinya. 


Pembelajaran agenda habituasi didalam struktur kurikulum pembentukan karakter PNS merupakan pembelajaran agenda ke-IV (terakhir), namun dalam pelaksanaanya terdapat satu sesi pembelajaran yang disampaikan sebelum pembelajaran agenda I, II, dan III dipelajari peserta. Sesi pembelajaran dimaksud adalah penjelasan konsepsi aktualisasi. Sesi pembelajaran ini ditempatkan lebih awal dengan tujuan memberikan bekal kemampuan berpikir konseptual kepada peserta tentang keterkaitan konsepsi habituasi dan aktualisasi, tuntutan kemampuan peserta mensintesakan substansi mata-mata pelatihan yang telah dipelajari khususnya pada pembelajaran agenda III dan agenda II ke dalam suatu rancangan aktualisasi. Disamping itu, disampaikan juga tentang tahapan pembelajaran aktualisasi dan taget tujuan pembelajaranya, peran dan tugas pembimbing (coach dan mentor), dan diberikan penekanan tentang persentase bobot penilaian sebesar 50% (persen) yang akan menentukan kelulusan peserta. 

Pembelajaran agenda habituasi selanjutnya diberikan setelah peserta menyelesaikan seluruh agenda pembelajaran secara berurutan (agenda I, II, dan III), melalui sesi pembelajaran penjelasan aktualisasi dengan tujuan mengingatkan kembali sesi pembelajaran penjelasan konsepsi aktualisasi dan mengarahkan peserta menyiapkan diri untuk melakukan setiap tahapan pembelajaran aktualisasi. Selanjutnya peserta akan dibimbing menyusun rancangan aktualisasi dan “mensintesakan” substansi mata-mata pelatihan agenda kedudukan dan peran PNS dalam NKRI dan nilai-nilai dasar PNS ke dalam rancangan aktualisasi.  

Kemampuan peserta melaksanakan pembelajaran aktualisasi dapat peroleh melalui proses pembimbingan dari coach (pembimbing yang ditunjuk dari lembaga pelatihan) dan mentor (atasan peserta atau pegawai lainnya yang ditujuk oleh pejabat pembina kepegawaian instansi peserta), sehingga peserta mampu menyusun kertas kerja rancangan aktualisasi, melaksanakan seminar rancangan aktualisasi, menerapkan rancangan aktualisasi dan menyusun laporan aktualisasi selama masa pembelajaran non klasikal (off campus) di tempat kerja, menyiapkan rencana presentasi laporan aktualisasi, melaksanakan seminar aktualisasi, dan di penghujung pembelajaran peserta mampu melaksanakan pekerjaan sebagai pelayan publik secara profesional. 

Pada saat pembelajaran non klasikal (off campus) di tempat kerja untuk menerapkan rancangan aktualisasi, peserta dimungkinkan akan difasilitasi untuk belajar pada kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang tugas sesuai dengan tuntutan kompetensi teknis jabatan peserta pada satu tahun masa percobaan. Pembelajaran tersebut dilakukan melalui proses pembimbingan dari coach di tempat kerja yang ditunjuk oleh pejabat pembina kepegawaian instansi peserta dan mentor yang telah ditunjuk. Keduanya bertugas membimbing peserta melakukan kegiatan pembelajaran pada kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang tugas. Dalam kondisi tertentu coach yang dimaksud pada paragraf ini, peran dan tugasnya dapat dirangkap oleh mentor peserta. 

Selanjutnya, terkait dengan system perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran pada kurikulum penguatan kompetensi teknis bidang tugas sesuai dengan tuntutan kompetensi teknis jabatan peserta dalam 1 (satu) tahun masa percobaan, akan dijelaskan lebih lanjut pada pedoman teknis khusus diluar modul aktualisasi ini. 

Deskripsi Singkat - Mata Pelatihan aktualisasi membekali peserta tentang konsepsi aktualisasi dan habituasi, tahapan pembelajaran aktualisasi, penyusunan dan penyajian rancangan aktualisasi, melaksanakan aktualisasi, dan penyajian hasil aktualisasi. Mata Pelatihan ini disajikan dengan metode penulisan kertas kerja, dengan pendekatan pembelajaran experiential learning, dan presentasi yang bersifat mandiri. Keberhasilan peserta dinilai dari kemampuan menyusun dan menyajikan rancangan, melaksanakan aktualisasi di tempat kerja, menyusun laporan, dan menyajikan hasil aktualisasi. 

Tujuan Pembelajaran - Setelah mengikuti pembelajaran ini, Peserta Pelatihan Dasar Calon PNS diharapkan mampu : 
1. Memahami konsepsi pembelajaran aktualisasi dan habituasi; 
2. Memahami tahapan pembelajaran aktualisasi; dan  
3. Melaksanakan tahapan pembelajaran aktualisasi: a. menyusun rancangan aktualisasi b. mempresentasikan rancangan aktualisasi; c. melaksanakan aktualisasi; d. menyusun laporan aktualisasi; e. mempresentasikan laporan aktualisasi. 

Indikator Keberhasilan - Setelah mengikuti pembelajaran ini, Peserta mampu:  
1. menjelaskan konsepsi aktualisasi dan habituasi; 
2. menjelaskan tahapan pembelajaran aktualisasi; 
3. menyusun rancangan aktualisasi; 
4. mempresentasikan rancangan aktualisasi; 
5. melaksanakan aktualisasi di tempat kerja; 
6. menyusun laporan pelaksanaan aktualisasi; 
7. menyiapkan rencana presentasi laporan aktualisasi; dan 
8. mempresentasikan laporan aktualisasi

Materi Pokok dan Sub Materi Pokok 
1. Konsepsi aktualisasi dan habituasi; 
2. Tahapan pembelajaran aktualisasi; 
3. Pembimbingan penulisan rancangan aktualisasi; 
4. Seminar rancangan aktualisasi; 
5. Aktualisasi di tempat kerja; 
6. Laporan aktualisasi; 
7. Pembimbingan persiapan pra seminar aktualisasi; dan 
8. Seminar aktualisasi.

Download Modul Disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel