Modul Perencanaan Pembelajaran - Kompetensi Guru Kompeten - Ruang Pendidikan

Modul Perencanaan Pembelajaran - Kompetensi Guru Kompeten

Banyak hal yang dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Salah satunya adalah dengan melakukan reformasi pendidikan, yaitu suatu usaha yang dilakukan untuk memperbaiki pola pengembangan kurikulum, manajerial, pemberdayaan guru, dan model-model pembelajaran (Murphy, 1992:10).  Reformasi pendidikan dalam bidang kurikulum ditunjukkan dengan adanya perubahan pola kegiatan pembelajaran, pemilihan media pendidikan dan penentuan pola penilaian.

Didalam proses pembelajaran ingin dicapai suatu pertemuan antara konsepsi yang terkandung dalam tujuan pembelajaran dan konsepsi siswa. Diantara dua kutub tujuan belajar itu terdapat figur sentral, yaitu guru yang mengendalikan implementasi kurikulum. Oleh sebab itu, secara psikologis pikiran, perencanaan, dan keputusan yang dibuat oleh guru merupakan bagian penting dalam konteks pembelajaran (Clark & Peterson, 1986).

Oleh karena itu keberhasilan kurikulum sangat dipengaruhi oleh kemampuan guru dalam menerapkan dan mengimplementasikan kurikulum tersebut. Oleh karena itu guru merupakan salah satu komponen penting dalam menggapai tercapainya pendidikan berkualitas untuk mendorong lahirnya insan Indonesia cerdas, kompetitif dan bermartabat seperti visi Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). Dalam Permendiknas No 16 Tahun 2007 tentang standar kompentensi guru, Pemerintah menetapkan sejumlah kriteria minimal yang harus dipenuhi guru agar dapat berperan maksimal menjalankan tugasnya mendorong lahirnya generasi Indonesia yang aktif mengembangkan potensi dirinya, serta cerdas dan bermoral tidak hanya demi kepentingan pribadi namun juga demi kepentingan masyarakat bangsa dan negara. 

Dalam kurikulum 2004, guru diberi kebebasan dalam mengubah dan memodifikasi silabus sesuai dengan kondisi sekolah dan potensi daerah. Akan tetapi dalam mengubah dan memodifikasi silabus guru harus berpedoman pada karakteristik dan ketentuan yang telah ditentukan.

KOMPETENSI GURU

Standar yang dimaksud yaitu kriteria yang telah dikembangkan dan ditetapkan berdasarkan sumber, prosedur dan manajemen yang efektif (Arikunto, 1988:98). Jadi secara konseptual, standar berfungsi sebagai alat untuk menjamin bahwa program-program pendidikan suatu profesi dapat memberikan kualifikasi kemampuan sesuai dengan ketentuan. Sedangkan kompetensi adalah seperangkat tindakan intelegen penuh tanggung jawab yang harus dimiliki seseorang sebagai syarat keberhasilan dalam melaksanakan tugas. Depdiknas menyatakan pengertian kompetensi sebagai pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak.

Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa standar kompetensi guru adalah suatu ukuran yang ditetapkan atau dijadikan syarat dalam bentuk penguasaan pengetahuan dan berprilaku layaknya seorang guru untuk menduduki jabatan fungsional sesuai bidang tugas, kualifikasi, dan jenjang pendidikan. Sedangkan tujuan dari standar kompetensi guru adalah untuk memperoleh acuan baku dalam pengukuran kinerja guru untuk mendapatkan jaminan kualitas guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran.

Download Modul Disini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel