Penerapan Metode Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) - Ruang Pendidikan

Penerapan Metode Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Latar Belakang

Kreativitas memegang peranan yang penting agar seseorang dapat berkembang dengan baik. Menurut Utami Munandar (1994) menyatakan bahwa “kreatifitas adalah kemampuan berdasarkan data atau informasi yang tersedia, menemukan banyak kemungkinan jawaban terhadap suatu masalah, di mana penekanannya adalah pada kuantitas, ketepat gunaan dan keragaman jawaban” Selain itu, kreativitas tidak selalu menciptakan hasil yang baru, tetapi juga dapat berupa gabungan dari hal-hal yang sudah ada sebelumnya.

Penerapan Metode Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)Problem solving / Memecahkan masalah merupakan suatu aktivitas mental yang tinggi, karena begitu ketika dihadapkan dengan sebuah masalah, maka siswa akan menyesuaikan dengan struktur kognitifnya. Dengan kata lain, memecahkan masalah merupakan suatu proses menerima tantangan dalam menjawab masalah.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan wadah pengembangan potensi dan kreatifitas pelajar / siswa. Mayoritas masih menggunakan metode pembelajaran konvensional (teaching center).
metode creative problem solving merupakan model pembelajaran yang memusatkan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan keterampilan dan dapat mengembangkan potensi siswa.

Rumusan Masalah
  1. Bagaimana penerapan model pembelajaran creative problem solving yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Sekolah Menengah Kejuruan?
  2. Bagaimana respon siswa sekolah menengah kejuruan terhadap pembelajaran dengan  menerapkan model pembelajaran creative problem solving dalam upaya meningkatkan hasil belajar?
  3. Apakah faktor penyebab siswa belum bisa menyelesaikan suatu pemecahan masalah terhadap tugas yang diberikan guru ?
  4. Apa saja kelebihan dan kekurangan penerapan metode creative problem solving?

Batasan Masalah
  1. Subyek penelitian  ini adalah siswa sekolah menengah kejuruan,
  2. Model pembelajaran yang digunakan creative problem solving,
  3. Pengukuran hasil belajar siswa dalam yang dinilai dari aspek kognitif,
  4. Respon siswa terhadap metode creative problem solving,
  5. Kelebihan dan kekurangan creative problem solving,
  6. Kualitas hasil belajar siswa yang menerapkan metode creative problem solving,
  7. Langkah-langkah penerapan creative problem solving,
  8. Cara belajar siswa kreatif untuk menerapkan metode creative problem solving,
  9. Kinerja guru yang tepat dengan metode creative problem solving,
  10. Manfaat dari penerapan metode creative problem solving.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel