Apa Itu Hukum - Ruang Pendidikan

Apa Itu Hukum

ruangpendidikan.netSebetulnya, belum ada definisi pasti tentang hukum. Para ahli pun masih belum sepakat mengenai apa definisi hukum yang paling tepat. Definisi tentang hukum bisa berbeda tergantung dari sudut pandang mana kita melihatnya. Hukum bisa diartikan sebagai aturan-aturan, keputusan penguasa, sebagai petugas, sebagai sikap tindak, sebagai gejala sosial, kebudayaan, kaidah, tata hukum, jalinan nilai, disiplin, ilmu hukum, dan sebagainya.  

Ahli hukum, Van Apeldroon misalnya, mengatakan hukum adalah petugas penegak hukum yaitu Polisi, Jaksa, Hakim. Hal ini dapat dipahami karena Aperldroon melihat hukum dari sudut pandang masyarakat awam. Sedangkan Ahli yang lain, Utrecht mengatakan, hukum itu himpunan petunjuk-petunjuk hidup tata tertib suatu masyarakat dan se
harusnya ditaati oleh anggota masyarakat yang bersangkutan. 

R. Soeroso mengatakan, hukum adalah himpunan peraturan yang dibuat oleh lembaga yang berwenang dengan tujuan mengatur tata kehidupan bermasyarakat yang mempunyai ciri memerintah dan melarang serta punya sifat memaksa dengan menjatuhkan sanksi bagi yang melanggarnya. Berdasarkan beragam definisi soal hukum di atas maka bisa dipahami bahwa belum ada definsi yang pasti soal hukum. semua tergantung dari sudut pandang mana kita melihat hukum itu. Yang jelas hukum bertujuan agar terciptanya keadilan. Keadilan bisa dicapai jika ada ketertiban dan keamanan serta kenyamanan di masyarakat. 

Berdasarkan uraian di atas, penulis akan gunakan pendapat R. Soeroso, yang penulis sederhanakan menjadi; hukum merupakan aturan-aturan yang ada di masyarakat yang harus dipatuhi, jika dilanggar maka akan dikenakan sanksi. Definisi ini lah yang akan digunakan sebagai pedoman atau pegangan dalam pembahasan selanjutnya di dalam buku ini. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel