Contoh Kajian dan Saran dalam Skripsi - Ruang Pendidikan

Contoh Kajian dan Saran dalam Skripsi

ruangpendidikan.net


A.    Kajian Produk yang Telah Direvisi
Perancangan produk yang dihasilkan adalah bahan ajar siswa maupun untuk guru berupa buku ajar dan jobsheet pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Bahan ajar ini disusun dan disesuaikan dengan silabus kurikulum 2013 semester 2 SMK Negeri 1 Kepanjen. Perancangan buku ajar mengacu pada format buku teks pelajaran berdasarkan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016. Perancangan Jobsheet mengacu pada format jobsheet menurut Wena (1995:42-43).
Hasil pembuatan produk adalah bahan ajar berupa bahan ajar siswa dan bahan ajar untuk guru yakni buku ajar dan jobsheet mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika. Buku ajar yang dikembangkan telah sesuai dengan silabus kurikulum 2013 SMK Negeri 1 Kepanjen dan sesuai dengan format buku ajar berdasarkan Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016 dengan penyempurnaan sesuai dengan kebutuhan SMK Negeri 1 Kepanjen. Sedangkan jobsheet telah sesuai dengan silabus kurikulum 2013 SMK Negeri 1 Kepanjen dan sesuai dengan format buku ajar menurut Wena (1995:42-43) dengan penyempurnaan sesuai dengan kebutuhan SMK Negeri 1 Kepanjen.
Hasil keseluruhan dari hasil uji coba satu lawan satu melalui validasi pada ahli media dan ahli materi, uji coba kelompok kecil terhadap 10 orang siswa dan uji coba lapangan terhadap 30 orang siswa SMK Negeri 1 Kepanjen dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar penerapan rangkaian elektronika berbasis contextual teaching and learning untuk siswa SMK kelas XI semester 2 program keahlian Teknik Elektronika Industri ini layak untuk digunakan sebagai bahan pembelajaran

B.    Saran Pemanfaatan, Diseminasi, dan Pengembangan Produk Lebih Lanjut
Saran dari hasil pengembangan bahan ajar Penerapan Rangkaian Elektronika berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) untuk Siswa SMK Kelas XI Semester 2 Program Keahlian Teknik Elektronika Industri ini antara lain:
1.     Saran untuk Keperluan Pemanfaatan Produk
Bagi Siswa yang menggunakan produk ini diharapkan untuk membaca petunjuk penggunaan terlebih dahulu sebelum masuk ke inti materi yang disajikan dalam bahan ajar ini, kemudian diharuskan untuk mendiskusikan semua soal-soal dan langkah-langkah kontekstual yang disajikan, serta diharapkan pula untuk membaca sumber belajar lain yang mendukung sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan tentang materi yang dipelajari. Untuk guru yang memanfaatkan bahan ajar ini dapat menggunakannya sebagai acuan dalam proses pembelaajaran mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika sehingga tidak akan ada kesulitan dalam pembelajaran sesuai dengan kompetensi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai

2.     Saran untuk Diseminasi
Diharapkan dalam bahan ajar ini bisa digunakan untuk seluruh sekolah SMK program keahlian Teknik Elektronika Industri maupun sebagai referensi atau sumber bacaan untuk semua program keahlian Teknik Elektronika yang lain.

3.     Saran untuk Keperluan Pengembangan Lebih Lanjut
Diharapkan peneliti atau pengembangan selanjutnya dapat menambahkan materi pembahasan yang up-to-date atau disesuaikan dengan perkembangan zaman, pemberian soal-soal latihan yang lebih aplikatif serta dapat mengembangkan dengan model pembelajaran yang lain.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel