Melakukan Tes/Uji Coba dan Revisi Skripsi - Ruang Pendidikan

Melakukan Tes/Uji Coba dan Revisi Skripsi

ruangpendidikan.net

Dalam tahapan tes/uji coba sesuai dengan yang tercantum dalam Sadiman (2010:182-185) uji coba dilakukan tiga tahap yaitu uji coba satu lawan satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Dalam uji coba satu lawan satu dimodifikasi untuk dilakukan uji coba dengan memvalidasi bahan ajar oleh ahli. Menurut Akbar dalam buku “Instrumen Perangkat Pembelajaran” (2013: 37-38) menyatakan bahwa “Validasi bahan ajar adalah upaya menghasilkan bahan dengan validitas tinggi, dilakukan melalui uji validasi. Uji validasi yang dilakukan oleh ahli adalah dengan cara seorang atau beberapa ahli pembelajaran menilai bahan ajar menggunakan instrument validasi. Validator memberi masukan perbaikan bahan ajar yang telah dikembangkan”
Validasi oleh ahli dilakukan untuk mengetahui tingkat validitas bahan ajar terfokus pada kesesuaian bahan ajar dengan landasan teoritik pengembangannya atau dengan teori seharusnya. Dengan mengumpulkan data validasi oleh ahli maka akan dipergunakan sebagai dasar untuk menetapkan apakah bahan ajar tersebut valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran serta apakah bahan ajar dibuat dapat dipergunakan mencapai tujuan yang ditetapkan. Dalam validasi oleh ahli terdapat validasi oleh ahli media dan validasi oleh ahli materi.
Bahan ajar  yang selesai dibuat dan telah divalidasi oleh tim ahli yakni ahli media dan materi selanjutnya diujicobakan ke responden yakni siswa. Uji coba bahan ajar oleh responden/siswa digunakan untuk mengumpulkan data sebagai dasar untuk menetapkan tingkat kelayakan dari bahan ajar yang telah diproduksi setelah adanya validasi para ahli dibidangnya. Uji coba produk ini dilakukan terhadap siswa kelas XI program keahlian Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 1 Kepanjen Semester 2 (Genap). Dengan uji coba dua tahap yaitu uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. 
Data hasil uji coba satu lawan satu, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan akan dijadikan sebagai dasar revisi produk yakni melalui komentar, saran dan skor hasil instrumen angket. Revisi dilakukan untuk meningkatkan kualitas produk sehingga produk yang dihasilkan benar-benar layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel