Pengertian Belajar - Ruang Pendidikan

Pengertian Belajar

ruangpendidikan.net

Secara etimologis belajar adalah sebuah kegiatan untuk mencapai kepandaian atau ilmu. Sehingga dengan belajar itu manusia menjadi tahu, memahami, mengerti, dapat melaksanakan dan memiliki tentang sesuatu (fudyartanto, 2002) 

Sedangkan menurut Hilgrad dan Bower pengertian belajar yakni : 
1. To gain knowlead,comprehension,or mastery of trough experience or study 
2. To fix in the mind or memorize
3. To acquire trough experience 
4. To become informe of to find out.

Menurut definisi tersebut belajar memiliki pengertian memperoleh pengetahuan atau menguasai pengetahuan melalui pengalaman, mengingat, menguasai pengalaman, dan mendapatkan informasi atau menemukan.
Banyak ahli yang mengemukakan pengertian belajar :
  1. Cronbach (1954),”learning is shown by change in behavior as result of experience”. Belajar yang terbaik adalah melalui pengalaman.
  2. Spears (1955),”learning is to observe, to read, to imitate, to try something themselves, to listen, to follow direction”.Belajar adalah melakukan pengamatan, membaca, meniru, mencoba sesuatu, mendengar, dan mengikuti petunjuk (arah).
  3. Morgan (1986), menyatakan bahwa belajar adalah perubahan tingkah laku yang relative tetap dan terjadi sebagai hasil latihan atau pengalaman.
  4. Wolfolk (1995), menyatakan bahwa learning occurs when experience causes a relatively permanent change in an individual knowledge.disengaja atau tidak, perubahan yang terjadi melalui proses belajar ini bisa saja kearah yang lebih baik atau malah sebaliknya.yang jelas, kualitas belajar seseorang ditentukan oleh pengalaman – pengalaman yang diperolehnya dari berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Dari berbagai definisi diatas dapat disimpulkan bahwa, ahli psikologi memandang belajar dari segi perubahan yang dapat dilihat dan tidak peduli apakah hasil belajar tersebut menghambat atau tidak menghambat proses adaptasi seseorang terhadap kebutuhan – kebutuhan masyarakat dan lingkungannya.sedangkan para ahli pendidikan memandang belajar adalah proses perubahan manusia kearah yang lebih baik dan bermanfaat bagi dirinya dan orang lain. 

Para ahli psikologi lebih netral dalam memandang peubahan yang terjadi akibat adanya proses belajar, tidak peduli apakah positif atau negative.Sedangkan para ahli pendidik memandang perubahan yang terjadi sesuai dengan tujuan positif yang ingin dicapai.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel