Pengertian dan Kegunaan Asas Hukum - Ruang Pendidikan

Pengertian dan Kegunaan Asas Hukum

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Asas merupakan dasar atau tumpuan berpikir dan berpendapat. Atau bisa juga dikatakan, asas merupakan hukum dasar.  Jadi ibarat rumah, asas itu fondasinya. Dari fondasi, sebuah rumah dapat disusun dan berdiri. Asas itu universal. Artinya, asas mengandung nilai-nilai moral, etika, rasional (masuk akal/logis) yang sudah dan dapat diterima secara umum oleh masyarakat pada umumnya.  

ruangpendidikan.net


Begitu pula dengan asas hukum. Ia merupakan unsur penting juga pokok dari suatu peraturan hukum karena menjadi dasar atau petunjuk arah dalam pembentukan aturanaturan hukum di masyarakat. Menurut ahli hukum Satjipto Raharjo, Asas hukum itu jantungnya ilmu hukum karena ia merupakan landasan yang paling luas bagi lahirnya suatu peraturan hukum.  

Sementara Menurut Van Eikema Hommes, asas hukum tidak boleh dianggap sebagai norma-norma hukum konkrit, namun perlu dijadikan/dipandang sebagai dasar-dasar umum atau petunjuk bagi hukum yang berlaku. Pembentukan aturan hukum perlu berorientas
i pada asas-asas hukum tersebut. Dengan kata lain tak boleh suatu peraturan hukum bertentangan atau tak sesuai dengan asas hukumnya. 

Asas hukum ada yang diatur secara tegas dan tertulis di dalam peraturan perundang-undangan, misalnya asas legalitas yang diatur dalam Pasal 1 ayat 1 KUHP yang mengatakan “Suatu perbuatan tidak dapat dipidana, kecuali berdasarkan kekuatan ketentuan perundang-undangan pidana yang telah ada/berlaku”. 

Namun ada juga yang tidak diatur secara tegas dalam undang-undang. Misalnya, asas hukum yang mengatakan “tidak dipidana tanpa ada kesalahan”. Asas ini tidak tertulis atau tidak dirumuskan secara tegas dalam KUHP namun sudah diberlakukan di dalam praktek hukum pidana. 

Namun terlepas apakah asas hukum itu dituliskan atau tidak dalam suatu peraturan perundang-undangan, kita tetap bisa menemukan asas-asas tersebut. Sebab, asas berlaku universal/umum. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan, Asas hukum merupakan dasar berpikir dan berpendapat yang gunanya sebagai dasar serta petunjuk arah dalam pembentukan aturan-aturan di masyarakat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel